Laman

Minggu, 16 November 2008

New Toyota Fortuner 4X4 AT, Tetap Pilihan Menarik

SEKILAS FAKTA Harga Rp 396,3 juta (tanpa aksesori) Dijual Mulai September 2008
Fortuner dipercantik penampilan dan interiornya. Bagaimana dapur pacu dan pengendaraannya?

NUANSA kenyamanan, sekaligus ketangguhan, tetap dihadirkan New Toyota Fortuner. Meski perubahannya tergolong minimalis, namun sentuhan ulang pada grille, lampu depan dan belakang, serta penggunaan velg desain baru membuat wajah Fortuner facelift lebih menawan, dinamis, dan tetap maskulin. Mobil yang kami uji, yakni berpenggerak 4x4, lebih gagah lagi karena dilengkapi sejumlah aksesori: bull bar, side cladding, chrome door housing, deflector, front fender mirror, dan mud guard.

Kesan mewah dan nyaman langsung tercitrakan begitu kita memasuki kabin Fortuner. Jok kulit berkelir kuning gading, ornamen kayu, serta dashboard dwi kelir (two tone) bersama-sama membentuk kesan tersebut. Selain itu, kabin Fortuner terhitung luas dengan headroom dan legroom berlimpah, baik di depan, tengah, maupun belakang.

Duduk di balik kemudi Foituner terasa mudah dan nyaman. Joknya dapat dioperasikan secara elektrik untuk mendapatkan posisi mengemudi yang tepat. Kokpit terasa luas dan posisi mengemudi terasa tinggi, sehingga visibilitas memuaskan. Adapun sistem audio yang dimiliki Fortuner baru lebih meyakinkan dengan model layar touchscreen 7 inci. Pada lingkar kemudinya diimbuhi tombol multifungsi untuk audio dan beberapa informasi.

Untuk jantung mekanisnya, Fortuner dibekali mesin bensin yang sama dengan model sebelumnya: 2.694 cc,4-silinder, WT-i,bertenaga 160 hp pada 5.200 rpm, serta torsi 241 Nm pada 3.800 rpm. Tidak ada perubahan pada tipe mesin sejak dilansir pertama kali tiga tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan performanya? Ketika pedal akselerator mulai ditekan dan tuas transmisi pada posisi 'D', pergerakannya tergolong lambaL Namun, memasuki kecepatan menengah mulai dari 2.500 rpm, dorongan mesin Fortuner terasa kuat. Bagaimana pun, bobot menjadi penghambat Fortuner untuk berlari kencang. Di sebuah tanjakan yang agak terj al di lintasan off-road milik Bumi Citra Rahayu Resort (BCR) di Janluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Fortuner terasa terengah-engah.

Di samping itu, bodi-nya yang besar turut menyumbang gejala understeer ketika diajak berbelok cepat Grip Fortuner pun biasa-biasa saja dan steering terasa ringan. Beruntung, pengendaraan terasa kokoh saat melaju di jalan bebas hambatan.

Meski mengalami 'operasi plastik' (facelift), harga Fortuner baru lebih murah sekitar Rp 6 juta dari model yang digantikannya. Untuk sebuah SUV penjelajah, secara keseluruhan performa , Fortuner biasa saja, meski di rpm menengah dan atas cukup memuaskan. Namun, dengan pengendaraan kokoh, roda besar, ground clearance tinggi, penampilan gagah, interior mewah, dan ruang lega, Fortuner adalah pilihanyang sangat menarik. Lebih menarik lagi bila Toyota menawarkan Fortuner 4x4 bermesin diesel.

DATA & FAKTANEW TOYOTA FORTUNER 4X4 AT
Mesin
VVT-i
Kapasitas
2.694 cc
Tenaga
160 hp @ 5.200 rpm
Torsi
241 Nm @ 3.800 rpm
Bobot
1.835 kg
Transmisi
Otomatis, 5-speed
Dimensi (p x l x t)
4.695x1.840x1.850 mm
Sumbu roda
2.750 mm
Ground clearance
220 mm
Konsumsi BBM
7 kpl (data dari on board komputer)

1 komentar:

Komentar Anda Begitu Berarti