Laman

Sabtu, 27 September 2008

Honda Raih Dua, Toyota Tiga


ImageTERBAIK : Perwakilan PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian K dan Adhi Parama, dan perwakilan PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli H Sijabat seusai menerima penghargaan SINDO Best Car Award 2008 di Menara Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (24/9) lalu. Toyota dan Honda sapu bersih lima penghargaan.

SINDOBest Car Awards (SBCA) 2008,hajatan koran Seputar Indonesia (SINDO) untuk memberi penghargaan pada industri automotif nasional resmi diumumkan Rabu (24/9) lalu di Ballroom Menara Kebon Sirih,Jakarta.

Toyota menyabet tiga gelar sekaligus, disusul Honda dengan raihan dua trofi spesial. Kemenangan Toyota itu diperoleh dari Kijang Innova yang menyabet Best Multi Purpose Vehicle (MPV). All New Camry juga memenangi kategori Best Sedan.

Menariknya, penghargaan tertinggi juga dimiliki Toyota dengan meraih Best Brand Award. Kemenangan Toyota ini sudah diperkirakan sebelumnya. Sebab,dalam persaingan pasar automotif nasional,Toyota masih menjadi market leader.

”Ini adalah feedback sangat baik,yang selanjutnya semakin memacu kami untuk memberikan produk dan layanan lebih sempurna bagi konsumen,”kata Rouli H Sijabat, Section Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor.

Kijang Innova jauh meninggalkan lawan-lawannya termasuk saudara kandungnya, New Avanza. Hasil polling yang dilakukan tim Litbang SINDO menunjukkan bahwa Toyota adalah raja MPV.Innova mengumpulkan hampir separo suara responden.Disusul New Avanza dan Kijang ”kapsul”.

Di kategori sedan,Toyota juga tampak dominan.New Toyota Camry memimpin disusul Honda City dan Toyota Vios. Sedan-sedan itu memang banyak berseliweran di jalan. Tak heran jika ketiga mobil tersebut menjadi favorit pembaca SINDO. Soal Best Brand Award,kemenangan Toyotajugamutlak.

Rupanya,merek Toyota sudah mengakar di hampir separo responden pembaca SINDO. Toyota jauh meninggalkan rival- rivalnya. ”Meningkatkan brand awareness adalah kerja keras.Ini akan terus kami pertahankan,” kata Rouli.

Sementara itu, Honda, yangdisebut-sebutsebagaipesaing dekat Toyota dalam hal penjualan,membayangi Toyota dengan dua penghargaan yang diraihnya. Honda Jazz dan CR-V datang sebagai penantang utama Toyota di kategori Mini MPV dan SUV.

Di kategori-kategori itu, Honda dan Toyota menempatkan mobil andalannya di posisi pertama dan kedua. Di kategori Mini MPV misalnya,Toyota Yaris berada setingkat di bawah si juara Honda Jazz.Di kategori SUV juga begitu.

Kemenangan Honda All New CR-V dibuntutiToyota Fortuner. Bagi PT Honda Prospect Motor,ATPM Honda di Indonesia, penghargaan ini istimewa karena dipilih langsung pembaca SINDO.

”Bagi kami ini penting karena mewakili suara konsumen.Kami jadi tahu mobil-mobil apa yang diminati pasar,”kata Julian Karvili dari PT Honda Prospect Motor. Soal kemenangan CR-V, Julianmenyebutkan,mobilini memang menjadi produk andalan Honda di segmen SUV.

Buktinya, penjualannya mobil yang sudah banyak menyabetpenghargaaninicukup stabil dan sampai sekarang menjadi market leader. Responden SBCA adalah 1.008 pelanggan SINDO dari sembilan kota yang dipilih secara acak.

Sembilan kota itu adalahJakarta,Semarang,Yogyakarta, Surabaya, Solo, Palembang, Medan,dan Makassar. Polling dilaksanakan sejak 1 April hingga 17 Juli lalu, melalui wawancara telepon.

Dalam SBCA, SINDO memang hanya menyediakan empat kategori,yang seharusnya masih bisa dibagi-bagi lagi menjadi lebih spesifik.Ini bukan tanpa alasan. SINDO ingin menjajaki persepsi awal masyarakat terhadap sebuah mobil. Untuk selanjutnya, kategori lebih spesifik akan coba dilakukan.

Tapi yang jelas,penghargaan ini adalah terobosan baru dan pertama kali diselenggarakan media cetak harian. Biasanya, penghargaan atau award serupa hanya diselenggarakan oleh majalah atau media yang khusus ”bermain” di segmen automotif.

”Selamat untuk para pemenang.Ini adalah awal yang baik,semoga tahun depan lebih meriah dan hasilnya lebih memuaskan,” ujar Syafril Nasution, Managing Director Koran SINDO. (donny apriliananda)

(Sumber:Sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Begitu Berarti