Laman

Kamis, 22 Januari 2009

Toyota Hilux Double Cabin 4x4: Impresi Perdana Si Penakluk Alam


Release Date : Rabu, 21 Januari 2009
Media : Otomotif, at page 2, size 1000 mmk
Author/Journalist : Julian

Impian saya uji impresi dengan Hilux double cabin ini akhirnya kesampaian juga. Maklum saja, tampilan mobil ini terbilang gagah untuk dikagumi. Setidaknya penampilan bodi tidak kaku sehingga jauh dari anggapan alat transportasi pengangkut sayur. Apalagi ukuran ban dengan profil besar serta model pelek dengan enam palang menjadikan kendaraan ini layak diajak gaul. Seperti parkir di area kafe hingga dibawa ke puncak gunung. Bukan berarti diajak ke bukit batu bara atau perkebunan tidak bisa loh.

Melirik interior terbilang sederhana. Ada tuas transmisi manual 5 kecepatan dengan sistem penggerak empat roda. Menjadikan saya yakin, kendaraan ini mampu diajak bertempur di segala medan termasuk berlumpur sekalipun. Selain itu pandangan juga mudah terbaca. Apalagi sudah dilengkapi retractable rear view mirror yang memudahkan pengaturan pandangan buritan dari dalam kabin.

Urusan kenyamanan kabin juga terpenuhi dengan adanya manual single air conditioner dengan head unit double din yang dilengkapi dengan empat speaker. Beralih pada spidometer terdapat tiga bulatan yang mudah terbaca dari jok kemudi. Sayangnya, pada saat uji impresi itu dalam kondisi terang, sehingga aroma keindahan cahaya yang terpancar dari peranti itu tidak bisa saya nikmati.

Kenyamanan lain juga bisa dinikmati dalam kabin Hilux double cabin. Semisal tilt & power steering serta upper & lower glove box. Selain itu peranti yang sudah menjadi standar kendaraan yaitu power windows dan power door lock.

Namun, kenyamanan itu sedikit terganggu saat saya coba pindahkan tuas transmisi manual gigi satu kedua, terbilang cukup berat. He..he.., setidaknya, cukup berat daripada tuas transmisi kendaraan sedan yang biasa saya pakai. Untungnya, getaran dan kebisingan kendaraan berkapasitas mesin 2.982 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC ini terbilang minim untuk ukuran diesel. Bisa dimaklumi karena 'si penakluk alam' ini sudah mengadopsi Direct 4 Stroke Diesel Turbo Commonrail (D4D) yang diklaim mumpuni menghasilkan performa maksimal dengan getaran dan suara yang halus dan efisiensi bahan bakar serta ramah lingkungan.

Sementara itu PT Toyota Astra Motor (TAM), ATPM Toyota di tanah air, sudah meluncurkan secara resmi kendaraan itu hari ini (21/1) di Zerah Golf Senayan, Jaksel. Untuk urusan banderol, mengikuti harga per Januari adalah Rp 281,5 juta (On the road). Apakah harga tersebut.bakal naik lagi pada bulan depan. Kita lihat saja.

Yuk camping...

(Sumber: Toyota Astra Motor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Begitu Berarti